Welcome to My Blog

Welcome to My Blog

Hambatan-Hambatan & Solusi dalam Pengorganisasian Budidaya Ikan Lele

Sumber:
Hasil Pengkajian dari Beberapa Artikel

 Sebelum Budidaya
Usaha ikan leleh mempunyai hambatan dalam memulai usaha, hal ini dikarenakan biaya permulaian operasional sangat besar, selain biaya pakan, bibit dan biaya persiapan lahan. Selain itu dalam usaha ikan lele ini terhambat pada keterbatasan jumlah supplayer di suatu daerah.

 Proses Budidaya
Salah satu Hambatan usaha adalah kontinuitas dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen (pasar). Jika saja ada yang memesan ikan dalam jumlah yang besar, mungkin dalam sekali panen mencukupi tapi di panen mendatang. memang salah satu siasatnya adalah membuat kelompok budidaya lele, kalau memang Anda tidak memiliki lahan usaha yang kapasitas besar. Jika memang serius membentuk kelompok budidaya, harus mengatur agar anggota kelompok anda dapat panen dalam waktu berkala alias giliran panennya sehingga kontinuitas untuk konsumen terjamin dan harga di pasaran pun tidak naik turun karena overproduction tetapi hal ini sulit dilakukan, dikarenakan kebanyakkan masing-masing anggota lebih mementingkan diri sendiri, sebab anggota beranggapan, jika kami menahan panennya dan memperlambat budidayanya mungkin akan menciptakan tambahan dana yang dikeluarkan.
tidak kalah pentingnya adalah masalah pakan karena kita tahu bahwa harga pakan ikan relatif mahal dan ini bukan hal yang bagus untuk pembudidaya lele. Untuk menyiasatinya biasanya dicari sumber alternatif pakan murah dan pembuatan ramuan pakan dengan bahan-bahan lokal.
 Pasca Panen
 Kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pasar setelah melakukan panen merupakan suatu kendala utama dari budidaya ikan lele. Untuk mengatasi masalah ini di bentuklah kelompok budidaya yang menjabatani masalah ini.
 Jika di hubungkan dengan kondisi pasar atau pelanggan yang merupakan bagian yang mempunyai peran penting dalam usaha, mungkin sangatlah terbatas, sehingga penjualan kurang maksimal. Untuk menagtasi masalah itu perlu adanya kerjasama dengan lembaga-lembaga (untuk tambahan modal/penyuluhan) dan masyarakat (untuk pasar).

People who have give Response to "Hambatan-Hambatan & Solusi dalam Pengorganisasian Budidaya Ikan Lele"

Leave a Reply