Welcome to My Blog

Welcome to My Blog

Budidaya Ikan Lele

Frengki Blog -Menciptakan suatu usaha perlu persiapan yang matang, baik secara materil maupun non materil. Begitupun dengan usaha budidaya ikan Lele, banyak cara untuk mampu menciptakan produk atau ikan lele yang berkualitas terutama dari segi proses persiapan hingga ikan yang di rawat atau di budidayakan itu terjualan di pasaran. Bicara masalah proses di sana ada terdapat kegiatan atau Manajemen dari Budaya ikan itu sendiri, di mana pekerja harus memiliki pengetahuan mengenai tahapan-tahapan dalam pembudidayaan ikan Lele. Ada beberapa langkah yang perlu di lakukan untuk menciptak budidaya ikan yang sukses yaitu
 Tahap Persiapan
Dimana pada tahap ini pemilik usaha harus mampu menyediakan/ menyiapkan seala sesuatu yang akan di gunakan dalam budidaya Ikan lele, termasuk tempat/lokasi, peralatan dan lain sebagainya.
 Tahap Pembibitan
Pembibitan juga menjadi factor pendukung bahwa budidaya ikan tersebut akan berhasil, dikarenakan pada tahap ini pemilik haruis menyediakan Bibit ikan berkualitas tinggi.
 Tahap Penyebaran/ Penyemaian
Pada tahap ini Bibit yang telah ada tadi di semai pada kolam-kolam kecil yang telah di sediakan untuk mempercepat pertumbuhan ikan tersebut pada ukuran tertentu dalam waktu yang sementara, jika memenuhi ikan telah tumbuh maka ikan siap di lepas di kolam yang lebih luas.
 Tahap Perawatan
Tahap ini mencakup tahap untuk menjaga dan merawat Ikan tersebut sampai waktu panen tiba. Di tahap ini mencakup kegiatan memberi makan, dan menjaga kebersihan kolam ikan, pemijahan dan perkembang biakan ikan.
 Tahap Panen
Tahap akhir dari proses Budidaya ikan, dimana ikan yang telah di rawat tadi di panen untuk di jual ke pasaran.

 Hambatan yang di Hadapi Dalam Budidaya Ikan Lele
Jika ada usaha pasti ada tantangan, itu adalah hal yang lumrah terjadi. Tantangan atau hambatan itu muncul tergantung sudut pandang mana mereka memandangnya. Jika suatu permasalahan itu hanya terjadi di suatu daerah, maka belum tentu permasalahan itu menjadi hambatan bagi pembudidaya di daerah lain. Contohnya. Kekeringan, perubahan iklim, dan sebagainya. Tapi secara umum hambatan yang seringkali dihadapi para pembudidaya ikan lele adalah membutuhkan modal yang besar. Di mana pada setiapa tahapan di atas semuanya membutuhkan modal berupa biaya. Selain itu secara Manajemen yang menjadi kendala adalah :
 Sulitnya mendapatkan benih ikan yang berkualitas, sebab bibit ikan berkualitas hanya tersedia di daerah-daerah tertentu saja, sedangkan daerah yang jauh harus memesan benih tersebut meskipun banyak permasalahan yang di timbulkan dari pemesanan tersebut, baik biaya ongkos yang di keluarkan dan pesanan yang di pesan biaya rusak di dalam perjalanan.
 Penentuan lokasi juga menjadi permasalahan, sebab ada tempat-tempat tertentu yang sangat memungkinkan usaha budidaya ikan itu akan berhasil dan ikan-ikannya mampu berkembang biak dengan cepat. Contohnya PH tanah kolam, kesuburan tanah, sumber air dan iklim.

 Solusi Yang Ditawarkan
Jika ada suatu masalah pasti ada jalan keluar, jalan keluar yang ditawarkan untuk mengatasi peramasalah itu antara lain :
 Untuk penyediaan bibit kita memang kita perlu membeli bibit yang unggul tapi kita perlu menimbang dari daerah mana yang kita bisa pesan. Pemesanan yang pertama memang merepotkan tapi usahakan Suplier mampu menjaga pesanan tersebut. Selanjutnya pemilik usaha tidak perlu memikirkan cara mendapatkan bibit pasca panen berikutnya. Sebab pemilik telah mendapat bibit dari pemijahan dan perkawinan induk-induk ikan yang telah di panen tadi.
 Usahakan dalam penentuan lokasi hendaknya dekat dengan sumber air, agar kolam tidak kekurangan air. Sedangkan untuk kesuburan dan PH tanah kita dapat mengatasinya dengan pemumpukan dan pengelolahan tanah kolam.

Sumber :
http : www.frengkiblog.blogspot.com

People who have give Response to "Budidaya Ikan Lele"

Leave a Reply